Pengertian Promosi Penjualan
Pengertian promosi penjualan adalah kegiatan komunikasi
antara perusahaan dan konsumen sebagai usaha untuk mempengaruhi konsumen
dalam kegiatan pembelian sesuai keinginan dan kebutuhannya. Bagian
penjualan atau pemasaran dari sebuah perusahaan akan mengembangkan promosi
(promotion) untuk menginformasikan mengenai produk mereka sehingga
dapat mempengaruhi konsumen untuk membelinya.
Pengertian promosi menurut beberapa ahli adalah:
Promosi sebagai
suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat
dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli. (Philip Kotler,
1997:142)
Promosi sebagai
salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan
oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa (Rambat Lupiyaadi, 2001:108)
Promosi sebagai
serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran penjualan atau
pemasaran dengan penggunaan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah
pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung,
biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu. (Julian Cummins, 1991:11)
Ketiga pengertian
di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai
alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen melainkan juga sebagai alat
untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai keinginan dan
kebutuhannya.
Jenis-jenis Promosi
Penjualan
Untuk menciptakan
dan memelihara keunggulan pembeda (differential advantage) dari apa yang
ditawarkan pesaing maka sebagian besar produk dan merek yang berhasil akan
membutuhkan promosi penjualan yang dilakukan dengan menggunakan alat-alat
promosi. Menurut Peter dan Olson:2000,181-185, ada 4 jenis promosi penjualan,
yaitu:
1. Iklan
Iklan (Advertising)
adalah penyajian informasi nonpersonal mengenai produk, merek, perusahaan atau
toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi
afeksi dan kognisi konsumen. Pada iklan biasanya ditampakkan organisasi yang
mensponsorinya. Dalam praktiknya, iklan telah dianggap sebagai manajemen citra
(image management), menciptakan dan memelihara citra dan makna dalam benak
konsumen. Iklan dapat disajikan melalui berbagai macam media (TV, radio,
cetakan majalah, surat kabar, papan billboard, papan tanda, dan macam-macam
media).
2. Promosi Penjualan
Promosi penjualan
(Sales promotion) adalah rangsangan langsung yang ditujukan kepada konsumen
untuk melakukan pembelian. Banyaknya jenis promosi penjualan termasuk di
dalamnya penurunan harga temporer melalui kupon, rabat, penjualan multi kardus,
kontes dan undian, perangko dagang, pameran dagang, dan ekshibisi.
3. Penjualan Personal
Penjualan personal
(personal selling) melibatkan interaksi personal langsung antara seorang
pembeli potensial dan seorang penjual. Penjualan personal dapat menjadi metode
promosi yang hebat untuk 2 alasan berikut.
·
Pertama, komunikasi personal dengan salesman dapat meningkatkan
keterlibatan konsumen dengan produk dan atau proses pengambilan keputusan. Oleh
karena itu, konsumen dapat lebih termotivasi untuk masuk dan memahami informasi
yang disajikan salesman tentang suatu produk.
·
Kedua, situasi komunikasi saling silang/interaktif memungkinkan salesman
mengadaptasi apa yang disajikannya agar sesuai dengan kebutuhan informasi
setiap pembeli potensial. Beberapa produk konsumsi tertentu biasanya
dipromosikan melalui penjualan personal seperti produk asuransi
4. Publisitas
Publisitas
(publicity) adalah bentuk-bentuk komunikasi tentang perusahaan, produk, atau
merek si pemasar yang tidak membutuhkan pembayaran. Misalnya, penjabaran produk
atau merek baru, perbandingan merek di jurnal dagang, surat kabar, majalah
berita, diskusi di radio dan talk dhow di TV semuanya menyajikan berbagai
informasi produk bagi para konsumen. Kadangkala publisitas dapat lebih efektif
daripada iklan karena konsumen dapat dikatakan telah siap untuk menerima pesan
yang disampaikan. Di samping itu, komunikasi publisitas dapat dianggap lebih
berwibawa karena tidak disajikan oleh organisasi pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar